Beberapa Adab Penuntut Ilmu


بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ

  1. Hidup Sederhana
  2. Hindari kebiasaan bersenangn senang & kebiasaan orang non arab serta ikuti /jagalah tradisi arab (dalam hal kebaikan) serta hiduplah dengan prihatin (Umar Bin Khotob)
  3. Perhiasan Lahir cenderung mewakili perhiasan batin juga mencerminkan jati diripakaian yang

    digunakan adalah untuk menutup aurat tidak disertai dengan kesombongan namun berapa banyak kita melihat orang pada masa kini memakai pakaian dikarenakan sedang nge-treen dan sebagainya.

  4. Menghindari  majelis yang tidak bermanfa’at sehingga memperkeras hati kita. Sesungguhnya Setan menjerumuskan manusia dengan Dosa Besar jika tidak maka dengan Dosa Kecil jika tidak bisa juga maka dengan Hal-Hal yang mubah .Seorang sahabat bertanya kepada Rosulullah SAW ” Apa itu Annajah?” Maka beliau SAW Menjawab :”Kuasai Lisanmu, Luaskan rumahmu sehingga kamu betah dengannya, tangisi dosamu”.
  5. Menghindari Kekacauan
    Seseorang penuntut ilmu hendaknya menghindari fitnah-fitnah yang terjadi pada kaum muslimin yaitu memprovokasi kaum muslimin sehingga mereka berpecah belah.
  6. Hendaknya penuntut ilmu berlemah lembut dalam perangainya.Dalam kisah yang sama dari ‘Aisyah –semoga Allah meridhoinya- ia berkata :جَاءَ أَعْرَابِى إِلَى النَّبِى صلى الله عليه وسلم فَقَالَ : تُقَبِّلُونَ الصِّبْيَانَ ، فَمَا نُقَبِّلُهُمْ ، فَقَالَ النَّبِى صلى الله عليه وسلم أَوَأَمْلِكُ لَكَ أَنْ نَزَعَ اللَّهُ مِنْ قَلْبِكَ الرَّحْمَةَ”Datang seorang arab badui kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, “Apakah kalian mencium anak-anak laki-laki?, kami tidak mencium mereka”. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Aku tidak bisa berbuat apa-apa kalau Allah mencabut rasa rahmat/sayang dari hatimu” (HR Al-Bukhari no 5998 dan Muslim no 2317)

    Ibnu Batthool rahimahullah berkata, “Menyayangi anak kecil, memeluknya, menciumnya, dan lembut kepadanya termasuk dari amalan-amalan yang diridhoi oleh Allah dan akan diberi ganjaran oleh Allah. Tidakkah engkau perhatikan Al-Aqro’ bin Haabis menyebutkan kepada Nabi bahwa ia memiliki 10 orang anak laki-laki tidak seorangpun yang pernah ia  cium, maka Nabipun berkata kepada Al-Aqro’ ((Barang siapa ya

    ng tidak menyayangi maka tidak akan disayang)).

  7. Perhatian
    Barang siapa yang memperhatikan maka dia mengetahui , sebaiknya tatkala seorang penuntut ilmu berada pada majelis hendaknya dia memperhatikan gurunya yang sedang memberikan pengajaran padanya.Bahkan Rosulullah SAW sangat memperhatikan sahabatnya yang sedang berbicara kepadanya seharusnya kita mengikuti akhlak beliau yang tidak ada seseorang pun yang mengikutinya kecuali dia akan mendapatkan kebahagian dan orang orang disekitarnya akan enggan padanya.Para ulama membagi muhasabah menjadi 3 yaitu :
    1- Muhasabah Sebelum Ber-amal
    Maksudnya adalah ketika akan berbuat sesuatu pasti kita akan memilah perbuatan apa yang baik dan positif sehingga dari perbuatan itu dapat menjadi cerminan untuk orang lain yang melihat.
    2- Muhasabah Sedang Ber-amal
    Ketika akan beramal kita harus menjaga akhlak dalam setiap perbuatan kita.
    3-Muhasabah Setelah Ber-amal
    Menilai perbuatan kita sendiri ketika sesudah melakukan sesuatu sehingga tatkala melakukannya lagi akan lebih baik.”Tidak akan mendapatkan Ilmu bagi orang yang Malu atau Sombong”
  8. Tekun & Rajin
    Hendaknya seseorang tekun dalam hal kebaikan. Dahulu pada zaman Salafush shiolih Mereka orang awam sering menghatamkan Al-Qur’an dalam 40 Hari sedangkan paara ulama menghatamkan Al-Qur’an dalam 4 hari bahkan lebih cepat darinya. Kebaikan dalam ibadah akan senantiasa didapati terhadap orang yang dalam ibadah selalu di dasarkan kepada Ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an d& Sunnah Nabi Shollallahu alaihi wa salllam.Demikian lah beberapa adab yang singkat kami paparkan untuk para pembaca kami memohon agar Allah Memberikan kebaikan kepada kami dan anda semoga kita selalu dibawa naunganNya dan di beri Istiomah melakukan perintahnya …

 

 

 

– Semoga Bermanfa’at –

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑