UNTUKMU YANG GALAU: [YUK KEJAR YANG PASTI-PASTI] [PART 3]


  1. Bismillahi…

Piye Kabare Sampean?, Baik yah insyaaAllah. Bersyukur banget bisa terus membuat artikel yang sangat menggelitik dimata PEMUDA. Alhamdulillah pada pembahasan kali ini kita akan melanjutkan artikel yang telah lalu UNTUKMU YANG GALAU [PART 2]

Dan temen-temen yang Allah rahmati dan diistiqomahkan selalu diatas keta’atan. Bytheway ini bulan ramadhan, tapi tau gak sih keutamaanya? [KEUTAMAAN RAMDHAN]

Dan diantara bulan Ramadhan temen-temen, ada sesuatu yang harus kita kejar loh dan inilah kenapa artikel ini diberi judul “YUK KEJAR YANG PASTI-PASTI” sudah barang tentu diantara keutamaan bulan ramadhan adalah selain diturunkanya Kitab yang Mulia yaitu Al-Qur’an diantaranya terdapat peristiwa Malam Lailatul Qodr yang apabila seorang melakukan ibadah ntu maka ibadah ntu akan bernilai 1000 bulan lebih baik, artinya apa jika kita melakukan tasbih pada malam itu maka akan bernilai lebih baik dari 1000 bulan sudah barang tentu mendapatkan pahala yang besar. Inilah keutamaan Bulan Ramadhan diantaranya.

BAGAIMANA DENGAN ROSULULLAH KAK, BAGAIMANA SIH 10 MALAM NYA ROSULULLAH?

Suri tauladan kita -Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam– dahulu bersungguh-sungguh untuk menghidupkan sepuluh hari terakhir tersebut dengan berbagai amalan melebihi waktu-waktu lainnya.

Sebagaimana istri beliau -Ummul Mu’minin Aisyah radhiyallahu ‘anha– berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَجْتَهِدُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِى غَيْرِهِ.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya.” (HR. Muslim)

Wah, Rosulullah ajah semangat untuk melaksanakan ibadah pada 10 malam terakhir ramadhan masa kamu enggak? awas nanti di akhirat malu loh ^.^

Tapi, temen temen seyogyanya yah kita harus lebih banyak berkomunikasi dengan Qur’an. Hayyo Ngomong-Ngomong udah berapa kali hatam nih ?? ketauan hayyoo^.^

Ngomong-Ngomong hatam, ada yang tau gak yah para ulama terdahulu yang biasa disebut As-Salaf hatam berapa kali??

Imam Syafi’i

Imam asy-Syafi’i adalah teladan dalam kesungguhan dan fikih. Beliau juga adalah panutan dalam keimanan, ketakwaan, wara’, dan ibadah. Ar-Rabi berkata, “Syafi’i membagi malam menjadi tiga bagian: sepertiga pertama untuk menulis, sepertiga kedua untuk shalat, dan sepertiga sisanya untuk tidur”.

Beliau rahimahullah tidak membaca Alquran kecuali dalam shalatnya. Al-Muzani mengatakan, “Aku tidak melihat asy-Syafi’i membaca Alquran pada malam hari kecuali saat beliau shalat”. Imam asy-Syafi’I juga disifati dengan hikmah dan dermawan, serta sifat-sifat dan akhlak-akhlak terpuji lainnya.

Yang menakjubkan dan rasa-rasanya sulit dijangkau dengan akal kita karena kekurangan yang ada pada kita, Imam asy-Syafi’i mengkhatamkan Alquran sebanyak 60 kali di bulan Ramadhan. Beliau membacanya saat shalat dan di luar shalat.

Dari sini kita dapat memahami alangkah berkahnya waktu Ramadhan Imam asy-Syafi’i. Beliau memanfaatkan waktu-waktu tersebut sehingga bisa mengkhatamkan Alquran dua kali dalam sehari.

Sudahkah kalian seperti ini ?

Abduullah bin Umar

Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu selalu berbuka bersama anak-anak yatim dan orang-orang miskin. Penghasilannya tidak ia nikmati sendiri, ia senantiasa membagikannya kepada orang miskin dan yang membutuhkan. Ayyub bin Wa-il ar-Rasibi pernah melihat Abdullah bin Umar mendapatkan uang sebanyak 4.000 dirham dan kain. Di hari berikutnya Ayyub melihatnya berada di pasar membeli sebuah hewan untuk dikendarai. Ayyub pun menemui keluarga Abdullah bin Umar dan bertanya tentang apa yang dilakukan oleh Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu. Keluarganya mengabarkan bahwa Abdullah bin Umar tidak tidur sejak kemarin membagi-bagikan apa yang ada padanya hingga ia pulang dengan tangan kosong. Ketika kami bertanya kepada beliau, beliau mejawab..

BERSAMBUNG …

 

Selesai di susun pada 17.25 WIB, Kota Depok

Ahad, 20 Ramadhan 1438 H / Kamis, 15 Juni 2017

Penulis: Yoga Pratama

 

Yuk Tunggu Artikel Islami Selanjutnya yang InsyaaAllah bermanfaat, dan jangan lupa agar di sebarluaskan.

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

Hanya di
Ilmu Sebelum Beramal-
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑