Edisi Lebaran : Untukmu Yang Galau [PART 4]


Bismillah..

Lebaran telah menghampirimu sedangkan Ramadhan telah meninggalkanmu, ada satu hal yang sangat menyayat hati duhai pembaca, apakah itu ?

Di Lebaran yang mulia ini banyak sekali penuh keutamaan khususnya keutamaan itu adalah harinya bersenang senang seorang mukmin ketika telah berhasil melawan hawa nafsunya disaat Ramadhan. maka pada saat ini lah tempat dimana berbahagia sebagaimana seorang mukmin berbahagia ketika ia berbuka dan ketika ia bertemu dengan Rab-Nya kelak.

[Penulis] sangat menekankan diantara bulan yang mulia ini ada hal yang menyayat hati yaitu ketika lebaran para tamu selalu menanyakan

“Udah Menikah ?” atau pertanyaan “Puasa Full ?” bahkan menanyakan “Ranking berapa di kelas?” pembaca sekalian, tahukah kau memang hal itu merupakan motivasi agar semakin meraih hal itu. Tapi, para jomblo (seperti PENULIS) tidak dapat meredam kesedihan dalam angan-angan itu.

InsyaaAllah kita akan bahas tuntas masalah ini secara singkat -.-

[1] “Udah Menikah ?” 

Allah Ta’ala berfirman:

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS. An Nur: 32).

Sepakat banget memang perintah Nikah sudah tentu sangat Viral di antara kita apalagi kalau kalian cek in instagram “Duh itu semua buat orang baper please yang udah nikah gausah membuat para jomblo tersiksa. Jika jomblo telah bertindak maka hati hatilah ^.^” 

[Lanjut Pembahasan]

[2] “Puasa Full ?”

Puasa merupakan kewajiban please Don’t ask me about it -.- sebagaimana Firman Allah

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183).

Kata ‘kutiba’ dalam ayat ini berarti diwajibkan.

[Lanjut Pembahasan]

[3] “Ranking berapa di kelas?”

Okeh sekarang masalah Ranking atau peringkat berapa ketika lulus-lulusan sebenernya pembaca sekalian, yang penting tuh usaha. Biasanya usaha itu gak bakal mengecewakan hasil. Setiap orang punya strategi dan gak setiap strategi tuh berhasil.

Salah seorang ulama salaf berkata: “Cukuplah bagimu untuk melakukan tawassul (sebab yang disyariatkan untuk mendekatkan diri) kepada Allah adalah dengan Dia mengetahui (adanya) tawakal yang benar kepada-Nya dalam hatimu, berapa banyak hamba-Nya yang memasrahkan urusannya kepada-Nya, maka Diapun mencukupi (semua) keperluan hamba tersebut”

Dinukil oleh imam Ibnu Rajab dalam kitab “Jaami’ul ‘uluumi wal hikam” (2/497).

{وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا. وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ، وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ}

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan ke luar (bagi semua urusannya). Dan memberinya rezki dari arah yang tidada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya” (QS ath-Thalaaq:2-3).

Intinya dia gak nyontek dan ngerjain menurut kemampuan nya. kebanyakan orang yang ketika ujian dia mindsheat mereka yang menting ortu bahagia. ByTheWay kalau bahagia tapi caranya haram itu jadinya gimana yak ?

Silahkan, akankah setelah baca ini pembaca akan menyayat hati para Jomblo -.- Para Jomblo saat ini sedang mengamalkan ucapan BERILMU SEBELUM BERAMAL, HATI-HATI KALAU PARA JOMBLO SUDAH ACTION ^.^

BERSAMBUNG …

 

Selesai di susun pada 15.27 WIB, Kota Depok

Isnain, 2 Syawal 1438 H / Senin, 26 Juni 2017

Penulis: Yoga Pratama

Yuk Tunggu Artikel Islami Selanjutnya yang InsyaaAllah bermanfaat, dan jangan lupa agar di sebarluaskan.

Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, hadits dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893).

Hanya di
Ilmu Sebelum Beramal-
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑