RESUME KAJIAN SPESIAL ISTIQOMAH: BERPENAMPILAN ITU ‘CERMIN’ | USTADZ MUHAMMAD NUZUL DZIKRI حَفِظَهُ اللهُ


RESUME KAJIAN SPESIAL ISTIQOMAH

👤 USTADZ MUHAMMAD NUZUL DZIKRI, LC حَفِظَهُ اللهُ 
📆 Ahad, 14 April 2024
_____________________

Kita bersyukur kepada Allah ﷻ yang mempertemukan kita di hari lebaran. Hari-hari ini adalah hari pemaksaan untuk kita makan di setiap kita silaturahim.

Kita telah jelaskan bahwa ibadahlah yang melahirkan keceriaan dan kegembiraan dan keduanya akan melahirkan perhiasan. Ketika seseorang sedih ia tidak akan tertarik untuk berhias.

Nabi ﷺ bersabda,

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

Tidak akan masuk surga seseorang yang dalam hatinya terdapat sifat sombong walau sebesar semut kecil.” Lantas ada seseorang yang berkata,

إِنَّ الرَّجُلَ يُحِبُّ أَنْ يَكُونَ ثَوْبُهُ حَسَنًا وَنَعْلُهُ حَسَنَةً.

Sesungguhnya seseorang sangat suka berpenampilan indah ketika berpakaian atau ketika menggunakan alas kaki.” Nabi ﷺ menjawab,

« إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ ».

Sesungguhnya Allah itu Jamiil (indah) dan menyukai keindahan. Yang dimaksud sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR.Muslim no. 91, dari ‘Abdullah bin Mas’ud)

Dan Nabi ﷺ beliau juga bersabda,

إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ القَلْبُ

Jika ia baik, maka seluruh jasad akan ikut baik. Jika ia rusak, maka seluruh jasad akan ikut rusak. Ingatlah segumpal daging itu adalah hati (jantung).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hal ini lahir dari iman kepada Allah ﷻ, ketika hati dipenuhi dengan tauhid dan beriman kepada Allah ﷻ maka suasana hati akan bahagia.

Allah ﷻ berfirman,

أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ (62) الَّذِينَ آَمَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ (63)

Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.” (QS. Yunus: 62-63).

Orang yang beriman dan bertakwa maka Allah ﷻ berikan hati yang tidak sedih dan tidak paranoid. Seseorang jika hatinya senang maka dia akan berpenampilan indah. Kekhawatiran dan kesedihan tidak bisa dicabut oleh Allah ﷻ sampai ia bertakwa kepada Allah ﷻ dan Allah-lah yang membolak balikan hati seorang hamba.

Nabi  seraya menjawab,

يَا أُمَّ سَلَمَةَ إِنَّهُ لَيْسَ آدَمِىٌّ إِلاَّ وَقَلْبُهُ بَيْنَ أُصْبُعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ اللَّهِ فَمَنْ شَاءَ أَقَامَ وَمَنْ شَاءَ أَزَاغَ

“Wahai Ummu Salamah, yang namanya hati manusia selalu berada di antara jari-jemari Allah. Siapa saja yang Allah kehendaki, maka Allah akan berikan keteguhan dalam iman. Namun siapa saja yang dikehendaki, Allah pun bisa menyesatkannya.”

Itulah keyakinan umat Islam yang murni bahwa ada korelasi yang erat antara kondisi hati dan zohir. Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi  bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Penampilan yang indah itu ketika berpenampilan yang selaras antara pakaian dengan keteduhan mata dan akhlak.

Iman kita meyakini bahwa Allah ﷻ maha Indah maka kita harus memperindah diri, seseorang yang memperindah diri dalam rangka personal branding maka ini yang keliru.

Ditengah suasana lebaran ini, ketika kita berpenampilan pastikan penampilan kita adalah cermin dari ketakwaan, keceriaan dan kebahagiaan yang lahir dari ibadah selama bulan ramadhan.

Wallahu a’lam, semoga Allah تَعَالَى memberi taufik pada kita semua.

 ***

Catatan : Untuk lebih sempurna diharapkan pembaca mendengar Soundcloud atau Youtube yang Penulis sajikan. Barakallahu Fiikum

Diselesaikan
Oleh Yoga Pratama
@Puncak Tombo
Ahad, 05 Syawwal 1445 H

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑